• Gambar penulisLinardy

Pemandangan Gunung Merapi - Merbabu dan Candi Borobudur dari Bukit Punthuk Setumbu

Diperbarui: 6 Mei 2019

Pencinta wisata, para travelers atau para pendaki gunung pasti sudah tidak asing dengan nama nama yang kutulis sebagai judul diatas.

Ditengah lelahnya dinas keliling Jawa Barat kini saatnya memasuki Jawa Tengah. Bermalam di dekat lokasi wisata Candi Borobudur, Magelang. Petugas hotel sungguh sabar, yah termasuk aku juga sabar haha.

Dikarenakan kami tiba di hotel memang sudah malam sekitar jam 22:00 dan kami semua kelelahan. Tapi apa yang terjadi adalah listrik padam seketika pada saat kami hendak check in untuk mengambil kunci kamar dan diperparah hujan yang turun deras membasahi baju dan koper bawaan. Belum parah? ok baik. Jadi hotel ini ternyata juga tidak menyiapkan genset hahaha... kamvretttt...

Beberapa teman ragu dan sudah uring uringan untuk pindah hotel, petugas hotel dengan sabar mendengar keluh kesah dan komplain. Namun aku dan beberapa teman lain sudah lelah untuk pindah hotel dan ragu juga bisa dapat hotel lebih baik dengan harga terjangkau. Alhasil kami tetap menunggu sambil ngopi tanpa kepastian mau ngapain di tengah kegelapan dan hujan deras.

Gak tahan juga dan penasaran, akhirnya aku telephone PLN di area itu dan mendapat jawaban bahwa padamnya listrik dikarenakan ada kecelakaan mobil menabrak tiang listrik. Yah sutralah, kamipun menikmati kegelapan dengan candaan candaan seger mumpung ada satu perawan di dalam rombongan kami. hihihi...

Berkat kesabaran selang 1 jam listrikpun kembali hidup. Dan penjaga hotel memberikan bonus 1 kamar extra. Berhubung kawan lain tidak ada yang mau tidur sendirian. Rejeki nemplok buatku. bisa dapat kasur king size sendirian. Selain itu petugas hotel juga menyampaikan informasi soal wisata disekitar hotel dan kawasan Borobudur, akhirnya aku mendapatkan selembaran peta untuk menuju Punthuk Setumbu. Mantul dah... Mantap Betul.

Bangun pagi jam 4 subuh, pintu kamar digedor petugas hotel yang sudah kupesan untuk membangunku agar tidak ketinggalan moment matahari terbit. Kubangunkan yang lain dan hanya rekan perawan saja yang mau ikut. Oklah kita kemon.

Sekilas Punthuk Setumbu yang sebelumnya aku tidak tahu apa dan akhirnya aku bersyukur banget mengikuti roadshow yang melelahkan ini karena bisa mampir ke Punthuk Setumbu. Aku tidak menyangka sebelumnya.

Punthuk Setumbu adalah bukit dengan ketinggian 400 mdpl yang dekat dengan gunung Merapi dan Merbabu, juga dekat dengan candi Borobudur. Memiliki beberapa spot menghadapi ke arah Timur sehingga menjadi spot yang terbaik menikmati matahari terbit dengan pemandangan yang eksotis.

Pukul 04:30 perjalanan dari hotel menuju Punthuk Setumbu dimulai, bagi orang awam agak bingung lihat peta dari petugas hotel. Akhirnya petugas hotel rela mengantarkan kami sampai dekat lokasi.

Sekitar 20menit kami pun tiba dan sudah mulai banyak pengujung yang pastinya juga para traveler. Setelah membayar tiket masuk, perjalan kaki menuju puncak cukup melelahkan melalui jalur setapak dengan semen cor yang cukup rapih walaupun hanya sekitar 10 menit tetap membuat nafasku ngos ngosan.

Karena khawatir ketinggalan moment matahari terbit aku minta ijin jalan lebih cepat dan meninggalkan rekan yang agak selow jalannya.

Tiba diatas lokasi Punthuk Setumbu sudah banyak para travelers yang menyandarkan diri di pagar agar dapat view terbaik untuk mengabadikan dan menikmati matahari terbit.

Dari spot ini terlihat pucuk kebesaran candi Borobudur yang masih diselimuti oleh kabut embun pagi dengan latar belakang megahnya gunung Merapi dan Merbabu. Luar biasa sungguh suatu petualangan dan moment yang tak terlupakan. Apalagi ini pertama kalinya ke Jawa Tengah. Mantul dah Mantul.... (mantap betul).

Candi Borobudur tampak dari kejauhan, photo menggunakan tele lens Nikon 55-300mm

Keindahan warna langit dan awan sebelum matahari benar benar terbit. Sebelah kiri ada gunung Merbabu dan sebelah kanan adalah gunung Merapi

Akhirnya sang surya menampakan diri. Aku tidak bisa berkata kata melihat keindahan pemandangan ini. Sungguh sesuai yang terindah. Photo menggunakan Nikon kit lens 16-55mm

Beberapa saat setelah moment matahari terbit, kami mencoba beberapa spot masih di area Punthuk Setumbu. Spot ini memang sengaja dibuat untuk anda yang suka berselfi dan upload photo di Instgram. Bahasa kerennya instagramable. Kalau anda takut dengan ketinggian yah mungkin agak susah yah. Karena spot ini agak sedikit extrem alias panggung yang berada dipinggir jurang. Ada juga ayunan dipinggir jurang.

Salah satu jenis burung hantu yang bisa jadi teman selfi. Burung Hantu Buffy Fish

Seperjalan kembali ke hotel menelusuri kembali jalan setapak. Para penjual souvenir sudah lengkap menjajakan dagangannya dan sarapan. Beberapa ekor burung hantu bertengger diranting rendah siap untuk menjadi pelengkap untuk photo selfi. Tentunya ada harganya yah.Tapi tarifnya suka rela. Berikut jenis burung hantu yang ada di Punthuk Setumbu: Oriental Bay, Buffy Fish, Setrix Seloputo dan Tito Alba.

Sesampai di hotel suasana sudah terang benderang, matahari sudah tinggi dan baru terlihat ke asrian hotel tempat kami menginap. Di tengah taman terdapat bangunan cukup besar yang sifatnya open yang digunakan menjadi restaurantnya. Kami menikmati nasi goreng spesial dengan pemandangan gunung Merapi dan Merbabu.